WIMAX

Senin, 03 Januari 2011


Wimax
Latar belakang
Wimax adalah singkatan dari Worldwide Interoperability For Microwave Access yaitu teknologi akses tanpa kabel pita lebar atau broadband wireless access (BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan luas ,MAC pada wimax menggunakan metode akses yang berbasis algoritma penjadwalan wimax juga merupakan  teknologi open standar yaitu wimax dapat digunakan dengan beberapa vendor yang berbeda namun dapat digunakan, dengan kecepatan data yang besar biasanya sampai 70 Mbps, wimax juga dapat diterapkan untuk koneksi broadband atau backhaul. Wimax pertama kali diperkenalkan oleh Insitute of Electrical and Electronics Engineering atau lebih dikenal dengan sebutan IEEE dan wimax merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN

Jangkauan frekuensi wimax
Kesuksesan wimax sangat bergantung pada ketersediaan dan kecocokan spectrum frekuensi. Pada system wireless mengenal dua jenis band frekuensi yaitu Licensed Band dan Unlicensed Band. Licensed Band harus membutuhkan lisensi yaitu Operator memperoleh lisensi band yang diberikan secara ekslusif untu menyelenggarakan  layanan disuatu area tertentu sedangkan Unlicensed Band tidak membutuhkan lisensi dalam penggunaanya sehingga memungkinkan semua orang menggunakan frekuensi secara bebas disemua area. Pada saat ini ada 2 band frekuensi utama pada certication profile untuk fixed wimax yaitu band 3.5GHz dan 5.8GHz. penggunaan band di indonesia yaitu 3.5GHz yang digunakan oleh satelit Telkom dan PSN.

Kelebihan dan fitur-fitur yang ada pada wimax
Broadband wireless access (BWA) wimax merupakan standar based technology yang memungkinkan penyaluran akses broadband melalui pengguna wireless sebagai komplemen wireline. Wimax juga menyediakan akses last mile secara fixed,nomadic,portable,serta mobile tanpa syarat LOS antara pengguna dan base station
Fixed wimax adalah evolusi dari dari system wifi sehingga kekurangan pada wifi bisa dilengkapi melalui system ini khususnya dalam hal jarak,kualitas garansi layanan  Sedangkan mobile wimax pengembangan dari teknologi selular seperti GSM,CDMA 2000 ataupun 3G kelebihan mobile wimax yaitu pada system konfigurasi  yang lebih sederhana dan kemampuan pengiriman data yang sangat cepat.
Penggunaan Orthogonal Frekuensi Division Multiplexing (OFDM) yang lebih memiliki skalabilitas seperti dalam hal instalasi,konsumsi daya,penggunaan frekuensi,efisiensi pita frekuensi dan memiliki kemampuan hand over dan hand off.
Dalam situasi tertentu  wimax dapat memberikan koneksi tanpa memerlukan Line of Sight(LOS) dan pada wimax memilki daya penetrasi yang lebih baik dalam gedung.





Refrensi: www.wikipedia.co.id





0 komentar:

Posting Komentar