Perbandingan ROUTER, REPEATER, BRIDGE, SWITCH, dan HUB

Sabtu, 25 Desember 2010

HUB
Hub adalah perangkat penghubung yang memiliki banyak port biasanya 5-8 hub yang dapat ditumpuk  dan pada bagian belakangnya terdapat dua port untuk menghubungkan antar hub menurut pengelolaanya hub dibagi menjadi dua ,yaitu:
1.Manageable hub, yaitu hub yang bisa dikelola  melalui software
2.Unmanageable hub, yaitu hub yang tidak bisa dikelola melalui software.

Kelebihan Hub adalah memungkinkan pengguna untuk berbagi pada jalur yang sama ,memiliki banyak port (4 sampai 24 port ditambah 1 untuk ke server atau hub yang lain.)
Kekurangan Hub adalah karena dapat berbagi jalur yang sama maka kecepatan komunukasinya juga harus dibagi dengan hub lainya.

Bridge
Bridge adalah perangkat yang menghubungkan beberapa jaringan LAN yang terpisah kedalam satu jaringan yang lebih besar.
Kelebihan bridge adalah
1.Dapat menghubungkan tipe jaringan yang berbeda seperti Ethernet dan Fast Ethernet atau tipe jaringan yang sama
2.Bridge dapat memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan hanya memperbolehkan proses pengiriman data yang diperlukan oleh bridge.
3.Dapat menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama paket akan ditolak apabila segmennya berbeda akan diteruskan ke segmen tujuanya.
4.Dapat mencegah pesan rusak untuk tak menyebar keluar dari satu segmen.
Kekurangan bridge adalah tidak memperbolehkan melakukan proses pengiriman selain proses pengiriman data yang dibutuhkan oleh bridge dan tidak dapat menentukan segmen dan sumber jika segmenya sama.

Switch
Switch adalah perangkat jaringan yang beroprasi dilapisan data link. Menurut pembagianya switch dapat dibagi menjadi dua arsitektur yaitu:
Switch Cut Through adalah saat paket dating switch hanya memperhatikan alamat tujuanya se
Belum melanjutkan ke segmen tujuan sehingga memiliki kelebihan dari segi kecepatan.
Switch Store and Forward adalah menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskan ke tujuan atau kebalikanya dari switch cut through. Sehingga untuk memeriksa satu paket membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi hal ini dapat mendeteksi kerusakan pada satu paket agar tidak mengganggu jaringan.
Kelebihanya adalah kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan shared network pada hub dan dapat memeriksa dan menganalisa  seluruh paket sebelum diteruskan ke tujuan.
Kekuranganya yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memeriksa suatu paket

Router
Router adalah suatu perangkat  yang menghubungkan jaringan computer ke jaringan lain.
Kelebihanya adalah dapat menyaring proses data dan dapat membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya proses yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lainya.
Kekuranganya adalah setiap proses pengiriman data harus menggunakan IP address.



REPEATER
Istilah repeater berasal dengan telegrafi dan dirujuk ke elektromekanis perangkat yang digunakan untuk meregenerasi sinyal telegraf. Penggunaan istilah ini di terapkan pada telepon dan telekomunikasi.
Dalam telekomunikasi , repeater istilah memiliki arti standar berikut:
1.     Sebuah analog perangkat yang memperkuat input sinyal terlepas dari alam (analog atau digital ).
2.     Sebuah digital perangkat yang memperkuat, membentuk ulang, atau melakukan kombinasi dari salah satu fungsi pada sinyal input digital untuk transmisi ulang.
Karena repeater bekerja dengan sinyal fisik yang sebenarnya, dan jangan mencoba untuk menginterpretasikan data yang di kirim. Repeater bekerja pada lapisan fisik, di lapisan pertama dari model OSI.
Kelebihannya dapat memperkuat sinyal.
Kekurangannya repeater harus di tempatkan di tempat yang tinggi.

0 komentar:

Poskan Komentar