tugas pti

Minggu, 19 Desember 2010


Sun Solaris
Solaris adalah satu UNIX yang paling dikenal dunia pada saat ini dan sun dibuat oleh Microsystem, solaris bekerja pada high-end hardware yang dapat mendukung  puluhan prosesor,GB RAM serta hard disk. Aplikasi ini banyak digunakan sebagai platform oleh aplikasi enterprise seperti oracle.
Solaris didesain untuk bekerja pada prosesor SPARC yang diproduksi oleh sun karena sun mengontrol hardware dan software sendiri. Sun dapat mengembangkan system dengan fitur-fitur menarik seperti hot-swappable RAM, mainboard, hardisk dan CPU.
Sun OS merupakan sebuah versi UNIX yang digunakan dalam workstation-workstation sun microsystem yang dibuat pada tahun 1982.

 Linux
Linux adalah nama yang diberikan system operasi computer bertipe UNIX. Linux adalah salah satu hasil pengembangan perangkat lunak bebas sumber dan terbuka utama seperti tipe perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainya pada umumnya kode sumber linux dapat dimodifikasi,digunakan dan distribusikan  kembali secara bebas oleh siapapun. Linux dibuat pada tahun 1991 ooleh linus torvalds.
Linux adalah sebuah cloning UNIX. Linux sama dengan BSD dalam banyak hal namun perbedaan linux dan BSD adalah linux kurang bersahabat terhadap dunia komersil dan linux mensyaratkan  kepada pemakai komersil untuk memberikan feedback kembali kepada linux sementara BSD tidak mempunyai batasan seperti ini kepada pengguna.

Mac OS
Mac Os adalah singkatan dari macintosh Operating system. Mac oS adalah system operasi computer yang dibuat oleh apple computer khusus untuk computer macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Mac OS pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 sejak tahun 2006 memiliki kompatibilitas dengan arsitektur power PC maupun x86.
Mac OS sangat cocok bagi professional karena operating system yang stabil dengan interface yang bersahabat bdan powerfull. Desain yang intuitif dan Mac OS menyertakan banyak  hal yang sebenarnya tidak diperlukan untuk menjalankan sebuah server internet serta hanya dapat digunakan pada hardware apple.

Free BSD
Free BSD adalah sebuah system operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distrubition (BSD) yaitu system operasi 386BSD dan 4.4 BSD.
Free BSD bekerja pada system intel x86 (IA-32 termasuk Microsoft Xbox),DEC Alpha, Sun Ultra SPARC,IA-64,AMD64<power pc dan arsitektur NEC PC-98.
Free BSD adalah system operasi mirip UNIX yang berlisensi bebas. Tahun 1993 ketika pengembangan 386BSD dihentikan, lahirlah dua proyek baru yaitu NetBSD, yang dikenal dapat dijalankan pada banyak jenis arsitektur, dan FreeBSD yang didukung platform x86,amd64,ia64,sparch64 dan alpha.FreeBSD 6.0 dikenal dengan stabilitas, performa, dan keamanannya, sehingga digunakan oleh banyak perusahhan di seluruh dunia.





Java
Java dibuat pada tahun 1995 di Sun Microsistem. Java merupakan bahasa yang membutukan proses objek dan serbaguna. Kode java digabungkan dalam format yang disebut bytecode. Bytecode dapat digunakan  disemua computer dan ponsel yang telah dilengkapi dengan program java interpreter dan java virtual machine. Java telah menyadiakan sarana untuk membuat program yang disebut applet yang bekerja pada web browser. Java juga menyediakan sarana untuk membuat aplikasi berbasis windows dan juga dapat dipakai dalam pemrograman jaringan.

0 komentar:

Posting Komentar